Anti Ribet, Ini 9 Cara Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang

cara jualan di tiktok

Sama seperti Facebook dan Instagram, kini Anda bisa memakai cara jualan di TikTok tanpa stok barang. Lewat dropshipping, Anda bisa memulai bisnis tanpa perlu repot mengelola penyimpanan atau pengiriman barang.

Dengan fitur-fitur unik seperti video pendek dan FYP, TikTok juga memungkinkan Anda untuk menonjol dari kompetitor Anda. Sekilas cara berjualan di TikTok untuk pemula di atas terdengar mudah, bukan? Namun sebelum mulai membahas bagian itu, mari kita simak dulu bagaimana sistem dropship di TikTok Shop.

Bagaimana Cara Kerja Dropshipping di TikTok Shop?

 Cara Kerja Dropshipping
Cara Kerja Dropshipping

Dropshipping memungkinkan Anda sebagai perantara antara produsen dan pembeli, sehingga Anda dapat menjual produk tanpa harus memiliki stok barang fisik. 

Berikut langkah-langkah umum dalam menjalankan bisnis dropshipping di TikTok:

  1. Buat akun bisnis TikTok: Daftarkan akun bisnis TikTok dan hubungkan dengan toko online Anda (misalnya di Tokopedia).
  2. Promosikan produk: Gunakan TikTok untuk memasarkan produk Anda. Anda bisa membuat video menarik, beriklan, atau bekerja sama dengan influencer.
  3. Mendapatkan pesanan: Ketika pelanggan tertarik dengan produk Anda dan melakukan pembelian melalui toko online, Anda akan menerima pembayaran.
  4. Teruskan pesanan: Informasi pesanan pelanggan akan diteruskan kepada dropshipper atau pemasok.
  5. Pemasok mengirim barang: Pemasok akan mengemas dan mengirimkan produk langsung ke alamat pelanggan.

Keuntungan dropshipper berasal dari selisih harga antara harga beli dari pemasok (harga grosir) dan harga jual yang Anda terapkan di toko online (harga eceran).  Singkatnya, Anda membeli produk dengan harga lebih murah dan menjualnya lagi dengan harga lebih tinggi.

Berkat minimnya biaya operasional, persentase keuntungan dropshipping pun cukup menggiurkan, yaitu sebesar 10% – 30%. Perlu diingat kalau berjualan di TikTok Shop lewat dropshipping butuh waktu. Namun untuk mempercepat hasilnya, bisa gunakan cara-cara di bawah ini.

Inilah 9 Cara Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang untuk Pemula

Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang
Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang

1. Pahami Target Audiens Anda

Di era yang serba cepat, media sosial menjadi alat utama dalam pemasaran. TikTok sendiri menjadi platform terpopuler di kalangan generasi muda.  Namun, bagaimana cara menjual tanpa memiliki stok barang? Kuncinya adalah memilih produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Langkah pertama adalah mengenali target audiens Anda. Apa minat dan kebutuhan mereka? Apa yang mereka cari di feed mereka?  Setelah itu, temukan produk yang cocok dengan minat dan kebutuhan tersebut, pastikan produk tersebut unik dan menarik agar menonjol di antara lautan konten di TikTok.

Penting juga untuk membangun komunitas dan kepercayaan dengan audiens Anda.  Tanggapi komentar dan pesan dengan cepat dan otentik, tawarkan diskon dan promosi eksklusif kepada pengikut setia, dan selalu transparan tentang praktik bisnis Anda. 

Dengan memahami audiens dan memberikan produk yang mereka inginkan, Anda dapat sukses berjualan di TikTok tanpa stok barang.

2. Promosikan dengan Postingan Unik

Cara jualan di TikTok berikutnya adalah dengan mempromosikan produk Anda secara unik dan menarik. Anda tidak memerlukan gudang penuh skincare untuk melakukan penjualan skincare. Cukup sedikit kreativitas dan kepribadian. 

Buatlah postingan yang menonjol dengan menggunakan humor, cerita, dan musik viral untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka tertarik. Tampilkan bagaimana produk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tunjukkan manfaatnya, dan bagaimana produk tersebut dapat meningkatkan kehidupan pelanggan. 

Jangan lupa sisipkan ajakan bertindak (CTA) yang kuat di penghujung konten agar pelanggan bisa langsung membelinya. 

3. Gunakan Tagar yang Sedang Viral

Gunakan Tagar yang Sedang Viral
Gunakan Tagar yang Sedang Viral

Di dunia e-commerce, penting untuk mengikuti tren terbaru. TikTok menawarkan peluang besar untuk Anda yang ingin mencoba riding the wave. Mulailah cari tagar yang tepat dengan melakukan penelitian dan analisis terhadap target audiens dan kompetitor Anda.  Setelahnya, buat konten menarik yang menampilkan produk Anda, lalu biarkan algoritma TikTok yang bekerja.

4. Gunakan Fitur “Belanja Sekarang” dan “Syarat & Ketentuan”

TikTok menyediakan fitur “Belanja Sekarang” di halaman toko, yang memungkinkan pelanggan melakukan pembelian langsung.  Dengan fitur ini, Anda dapat menyertakan detail produk, foto, biaya, dan informasi pengiriman.

Sedangkan fitur “Syarat & Ketentuan” memberikan informasi mengenai proses pembayaran dan kebijakan toko, membantu menghindari transaksi ilegal.  Fitur ini meningkatkan keamanan sekaligus kepercayaan terhadap TikTok Shop Anda, serta mempermudah pemasaran produk kepada pelanggan.

5. Membuat Halaman Toko di TikTok

Selanjutnya buat halaman toko di TikTok untuk menampilkan produk Anda dengan cara yang menarik dan interaktif.  Pastikan halaman toko Anda menarik secara visual dan mudah dinavigasi. Gunakan foto yang menarik dan deskripsi produk yang jelas untuk memikat pemirsa Anda.

Manfaatkan fitur TikTok seperti tagar dan challenge untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mengarahkan traffic ke halaman Anda.  Gunakan format video berdurasi pendek TikTok untuk menampilkan produk Anda dalam aksi dan memberikan gambaran kepada pemirsa tentang apa yang dapat mereka harapkan.  Interaksi dengan penonton melalui komentar dan pesan langsung sangat penting untuk membangun basis pelanggan setia.

6. Lakukan Live Streaming

 Lakukan Live Streaming
Lakukan Live Streaming

Salah satu cara jualan di TikTok yang paling efektif adalah dengan melakukan live streaming.  Live streaming memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pengguna TikTok dan memperlihatkan produk yang Anda tawarkan secara real-time.

Selama live streaming, pastikan Anda memiliki konten yang menarik dan relevan dengan produk yang Anda jual.  Berikan informasi berguna kepada penonton, jelaskan fitur produk, dan tawarkan penawaran khusus atau diskon eksklusif untuk penonton live streaming. 

Hal ini akan menarik minat penonton dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda. Selain itu, berinteraksi dengan penonton sangat penting.  Bacalah dan tanggapi komentar yang masuk, ajukan pertanyaan kepada penonton, dan berikan kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi dalam live streaming. 

7. Menjual Produk Digital

Bagi Anda yang ingin menghindari pengiriman logistik, produk bisnis digital seperti e-book bisa menjadi pilihan tepat.  Anda bisa membuat konten TikTok yang berkaitan dengan produk digital dan mempromosikannya kepada calon pelanggan.

Setelah menunjukkan ketertarikan, produk digital dapat diberikan melalui email atau tautan unduhan.  TikTok memungkinkan bisnis menjangkau audiens dengan cara yang menyenangkan dan menarik, meski tanpa produk fisik.  Promosikan produk digital di platform media sosial lain untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

8. Tawarkan Jasa Digital

Tawarkan Jasa Digital
Tawarkan Jasa Digital

Cara jualan di TikTok ini juga bisa Anda lakukan jika memang enggan melakukan dropship barang fisik. Pertama, identifikasi keahlian atau layanan yang Anda tawarkan. Cari yang bisa memenuhi kebutuhan audiens. 

Kedua, buat konten yang menarik dan informatif tentang bakat Anda. Gunakan visual yang menarik dan keterangan yang tajam untuk menarik FYP. Jika memungkinkan, gunakan fitur TikTok seperti streaming langsung untuk membangun rasa kebersamaan dengan penonton.  Dengan sedikit kreativitas dan usaha, Anda juga bisa mengembangkan bisnis berbasis layanan jasa melalui TikTok.

9. Maksimalkan TikTok Ads

Cara berjualan di TikTok yang terakhir adalah dengan memaksimalkan penggunaan TikTok Ads.  TikTok Ads adalah alat periklanan yang disediakan oleh TikTok yang memungkinkan Anda mempromosikan produk kepada pengguna yang lebih luas.

TikTok Ads menawarkan berbagai opsi penargetan, seperti demografi, minat, dan lokasi geografis.  Pilih audiens yang paling relevan dengan produk agar iklan Anda dapat mencapai target pasar yang tepat.

Buat konten iklan yang menarik dan kreatif. Pastikan iklan Anda dapat menarik perhatian pengguna TikTok dalam waktu singkat.  Jangan lupa, gunakan musik, efek visual, dan narasi yang menarik untuk memperkuat pesan Anda.

Itulah tadi beberapa cara jualan di TikTok yang cocok untuk pemula. Bagaimana, tertarik dapatkan cuan per hari dari TikTok shop? Jawara Produk siap bantu kamu.  Daftar sekarang dan cari tahu winning product yang selalu dicari konsumen. Kunjungi website Jawara produk sekarang juga!

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *